Menghafal Anti Lupa

Metode Pembelajaran

Peta Konsep

Share/Bookmark




Peta KonsepKonsep Quantum Writing. Read more ... » ~ Konsep belajarPenanganan Anak yang Lamban Belajar. Read more ... » kebermaknaan Ausabel menekankan dan menyarankan para guruSyarat Pendaftaran CPNS 2013 Guru. Read more ... » dalam mentransfer materi pelajaranKenapa Lupa Pelajaran Yang Sudah Di Hafal?. Read more ... » kepada siswaPenanganan Anak yang Lamban Belajar. Read more ... » melalui belajar kebermaknaan, setiap pembelajaranTip dan Strategi Bagi Pembelajar Kinestetik. Read more ... » memberi makna secara langsung bagi siswa.

Sementara itu, pandangan filsafat konstruktivismeTeori Belajar Konstruktivisme. Read more ... » tentang hakikat pengetahuan mempengaruhiFaktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca. Read more ... » konsep tentang proses belajar, menyatakan bahwa belajar bukan sekedar menghafalDownload Ebook Strategi Menghafal Cepat. Read more ... » , tapi proses mengkonstruksi pengetahuan melalui pengalaman. Salah satunya adalah belajar dengan memanfaatkan peta konsep. Belajar akan lebih bermakna jika materi terkonsep secara alamiah dari dalam diri siswa, sehingga melalui penyusunan peta konsep akan mendorong siswa untuk aktifStrategi Pembelajaran Aktif. Read more ... » mengkontruksi pengetahuannya.

Peta konsep menyatakan hubungan-hubungan yang bermakna antara konsep-konsep dalam bentuk proposisi-proposisi. Proposisi merupakan dua atau lebih konsep-konsep yang  dihubungkan oleh kata-kata dalam suatu unit semantik. Jadi, belajar bermakna akan memberi makna apabila dihubungkan dengan konsep-konsep yang memiliki arti lebih luas dan berkembang. Peta konsep dapat disusun seperti cabang pohon, aliran air, disusun secara kronologis dan sebagainya.

Peta konsep yang dikembangkan oleh seseorang akan tidak sama dengan peta konsep yang dikembangkan oleh orang lain, sebab dalam pikiran seseorang akan muncul banyak konsep dan konsep yang dituangkan masing-masing individu mungkin berbeda tergantung pada minatFaktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca. Read more ... » dan tingkat pengetahuannya. Konsep dibedakan dalam dua jenis dari tingkat keabstrakannya, yaitu konsep konkrit dan konsep yang didefinisikan. Konsep-konsep konkrit misalnya mangga, termometer, dan air. Konsep yang didefinisikan dibangun dari konsep  konkrit sebagai referen, misalnya buah, suhu dan energi.

Peta konsep dapat diterapkan dalam pendidikanDownload Penelitian Tindakan Kelas (PTK) PAI. Read more ... » untuk berbagai tujuan, diantaranya adalah

Menyelidiki apa yang telah diketahui siswa

Belajar bermakna membutuhkan usahaPelatihan Menghafal Cepat DISCOUNT 25%. Read more ... » dari pihak siswa untuk menghubungkan pengetahuan baru dengan konsep-konsep relevan yang mereka miliki. Untuk memperlancar proses ini guru harus mengetahui konsep-konsep apa yang telah dimiliki oleh siswa pada saat  pelajaran baru akan dimulai, sedangkan siswa diharapkan dapat menunjukkan dimana mereka berada, atau kosep-konsep apa yang mereka miliki dalam menghadapi pelajaran baru itu.

Mempelajari caraCara berhitung Cepat (MATHMAGIC) Bagian 1. Read more ... » belajar siswa

peta konsep pBila seseorang dihadapkan pada suatu bab dari buku pelajaran, ia tidak akan begitu saja memahami apa yang dibacanya. Dengan diminta untuk menyusun peta konsep dari isi bab itu, ia akan berusaha untuk mengeluarkan konsep-konsep dari apa yang dibacanya, menempatkan konsep yang paling inklusif pada puncak peta konsep yang dibuatnya, kemudian mengurutkan konsep-konsep lain yang kurang inklusif pada konsep yang paling inklusif, demikian seterusnya. Lalu mencari kata-kata penghubung untuk mengaitkan konsep-konsep itu menjadi konsep-konsep yang bermakna. Lebih dari itu ia akan berusaha mengingatTeknik-Teknik Mengingat Yang Menyenangkan dalam Belajar. Read more ... » konsep-konsep lain dari pelajaran lampau, atau menerapkan konsep-konsep yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan cara demikian ia telah berusaha benar untuk memahami isi pelajaran itu dan telah berlangsung belajar bermakna pada diri siswa.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anda mungkin juga menyukaiclose