Menghafal Anti Lupa

Pengetahuan

Penanganan Anak dengan Gangguan Ganda

Share/Bookmark




AnakPenanganan Anak yang Lamban Belajar. Read more ... » dengan gangguan gandaJenis Atau Batasan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Read more ... » adalah anak yang memiliki dua atau lebih gangguanPenanganan Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisma - ABK. Read more ... » sehingga diperlukan pendampingan, layanan, pendidikanDownload Penelitian Tindakan Kelas (PTK) PAI. Read more ... » khusus, dan alat bantu belajarDownload Ice Breaker Games Saat Belajar. Read more ... » yang khusus.

 Ciri-ciri atau tanda-tanda anak dengan gangguan ganda:

  1. Memiliki perpaduan dua hambatan atau lebih, misalnya disabilitasPenanganan Anak Disabilitas Penglihatan. Read more ... » penglihatanPenanganan Anak Disabilitas Penglihatan. Read more ... » dengan gangguan spektrum autismaPenanganan Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisma - ABK. Read more ... », disabilitas penglihatan dengan disabilitas pendengaran, down syndrome/disabilitas intelektual dengan disabilitas pendengaran, dan lain sebagainya.
  2. Memiliki hambatan dalam berinteraksi sosial.
  3. Memiliki kemampuan yang sangat terbatas dalam mengekspresikan atau mengerti orang lain.
  4. Pada umumnya mengalami keterlambatan perkembanganPerkembangan Kognitif Anak (Teori Piaget). Read more ... » fisik dan motorik.
  5. Sering berperilaku aneh dan tidak bertujuan, misalnya menggosokgosokan jarinya ke wajah, melukai diri (membenturkan kepala), mencabuti rambut, dan sebagainya.
  6. Seringkali tidak mampu mengurus kebutuhan dasar mereka sendiri seperti makan, berpakaian, buang air kecil, dan lain sebagainya.
  7. Jarang berperilaku dan berinteraksi secara konstruktif.
  8. Dibalik keterbatasanJenis Atau Batasan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Read more ... »-keterbatasan di atas, anak tunaganda mempunyai ciri-ciri positif seperti ramah, hangat, punya rasa humor, keras hati dan berketetapan hati.

 



Apa yang perlu dilakukan orangtua, keluarga bila anak menunjukkan ciri-ciri atau tanda-tanda di atas?

  1. Berkonsultasi dengan tenaga kesehatan, tenaga pendidik, tenaga sosial dan instruktur keterampilan5 Keterampilan yang Merangsang Belajar. Read more ... ».
  2. Menyediakan sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan anak, misalnya ruangan untuk bergerak secara bebas, alat bantu (kursi roda, tongkat dan lain-lain).
  3. Memasukkan anak ke sekolahPetunjuk Pelaksanaan Quantum Teaching (SMA). Read more ... » yang sesuai dan kembangkan potensi yang dimiliki anak.
  4. Memberikan rangsangan/stimulasi secara konsisten, agar anak dapat berkembang secara optimal, sesuai dengan kemampuannya.
  5. MelatihCara Melatih Otak Kanan. Read more ... » kemandirian anak seseuai dengan kemampuannya.
  6. Mengembangkan kekuatan dan memperbaiki kelemahan anak.
  7. Mengendalikan dan mengarahkan perilakuMencegah Perilaku Buruk Anak. Read more ... » anak.
  8. Memberikan penguatan positif (motivasiKata Kata Mutiara Motivasi Belajar. Read more ... », pujian, penghargaan) dan negatif (tidak memberikan hak istimewa).
  9. Memberikan kegiatan-kegiatan yang nyata atau fungsional untuk kehidupan sehari hari. Program Program Bersama Peduli Gaza . Read more ... » dilakukan secara terstruktur dan konsisten. Aktivitas pembelajaranQuantum Teaching. Read more ... » dibagi menjadi beberapa tahapanTahapan Bermain Anak-anak. Read more ... » dan dilakukan secara berulang-ulang. Pemberian program harus melalui tahapan yang dipecah/diurai, misalnya untuk mengajarPENERAPAN FUNGSI OTAK DALAM PERCEPATAN BELAJAR. Read more ... » caraCara Membuat Mind Map (Peta Pikiran). Read more ... » menyikat gigi dimulai dari mengambil sikat gigi, mengambil pasta gigi, membuka tutup pasta gigi, menekan tube pasta gigi di penutup pasta gigi, menyikat gigi bagian depan, menyikat gigi bagian kiri, menyikat gigi bagian kananBukti Kedahsyatan Otak Kanan. Read more ... », menyikat bagian dalam atas depan, dan seterusnya.



Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anda mungkin juga menyukaiclose